6 Manfaat Senyum untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Jika Anda ingin terlihat lebih baik, maka tersenyumlah. Ya, senyum yang tulus menghadirkan energi positif bagi diri sendiri dan orang lain. Tidak hanya membuat Anda terlihat lebih ramah dan hangat, ternyata senyum juga punya banyak manfaat, lho.

Banyak penelitian ilmiah mengatakan bahwa senyum yang tulus dapat meningkatkan suasana hati. Manfaat senyum rupanya juga berlaku untuk kesehatan fisik dan mental. Supaya Anda semakin yakin untuk lebih sering tersenyum, berikut ini akan dijelaskan soal manfaat senyum bagi kesehatan fisik dan mental. Simak ulasannya di bawah ini yuk:

1. Memperbaiki Mood

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Dengan tersenyum, Anda bisa memanipulasi tubuh untuk meningkatkan suasana hati, karena aktivitas tersebut sebenarnya mengaktifkan pesan saraf di otak. Senyum memicu pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptide serta neurotransmitter, sehingga mampu meningkatkan suasana hati.

​2. Memperlambat Keriput di Wajah

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Penelitian meyakini bahwa dengan tersenyum, seseorang bisa tampak lebih muda dari usia aslinya. Perlu diketahui, saat cemberut ada 43 otot yang bekerja, sementara tersenyum hanya perlu 17 otot bekerja. Otot yang sering tegang saat cemberut ini yang bisa mempercepat munculnya keriput di wajah. Selain itu, bibir yang sering ditekuk ke bawah akan meninggalkan bekas keriput di garis bibir, pipi, dan dagu.

​3. Menyehatkan Jantung

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saat seseorang tertawa, produksi oksigen di dalam peredaran darahnya akan meningkat. Hal ini diikuti dengan pelepasan endorfin yang berguna untuk menangkal pikiran negatif.

​4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Senyum bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif. Saat tersenyum, fungsi kekebalan tubuh diperkirakan meningkat akibat adanya perasaan rileks berkat pelepasan neurotransmitter tertentu.

​5. Meredakan Stres

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Senyum juga bermanfaat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi hormon stres. Sel-sel saraf dalam tubuh bisa terasa tegang akibat beban pekerjaan atau hal lainnya, sehingga tubuh menjadi stres dan mengeluarkan aura negatif. Dengan tersenyum, maka Anda berusaha memberikan sinyal baik pada tubuh untuk meredakan sel-sel saraf yang tegang.

​6. ​Memelihara Kesehatan Mental

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Seseorang yang murah senyum, cenderung mudah menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul dalam hidup. Dengan begitu, ia bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik serta terhindar dari rasa sedih dan juga kesepian.

Itu lah 6 manfaat senyum untuk kesehatan fisik dan mental. Untuk mendapatkan senyum tebaik memang tidak bisa instan. Sebab dibutuhkan beberapa cara, seperti batasi minum teh dan kopi, hindari merokok dan jangan lupa untuk rutin menyikat gigi. Yuk, jaga kebersihan gigi dan mulut Anda dengan pasta gigi K-Mu’min dan K-All White.

Pasta gigi herbal K-Mu’mindiformulasikan dengan bahan alami, seperti ekstrak lemon, ekstrak akar siwak dan minyak cengkeh. Gabungan ketiga bahan ini efektif menghambat pembentukan plak dan perkembangan bakteri di rongga mulut. Kandungan ekstrak lemon alami dengan vitamin C di dalamnya juga efektif menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta mencegah bau mulut.

Sedangkan K-All Whitediformulasikan dari bahan-bahan aktif, seperti Micro Particle Precarb (kalsium super) untuk membantu membentuk lapisan email baru, menambang lubang email halus pada gigi, serta SMFP (Sodium monofluorophosphate) 0,19% untuk membantu melindungi lapisan email gigi, anti bakteri dan aman bagi gigi dan gusi. Pastikan senyum Anda lebih percaya diri dengan K-Mu’min dan K-All WhiteJangan lupa senyum hari ini! (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi