6 Faktor Penyebab Masalah Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya

Sama seperti kulit lainnya, kulit kepala juga menjadi bagian penting dari tubuh yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Jika tidak merawatnya dengan benar, maka dapat menimbulkan berbagai masalah pada rambut kamu.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang lurus, keriting, ikal, bergelombang, berminyak, kering, dan rambut kombinasi. Apa pun jenisnya, kalau kamu bisa merawatnya dengan benar, tentu akan indah dan sehat, bukan? Lalu apa yang menjadi faktor lain penyebab timbulnya masalah pada kulit dan membuat rambut menjadi rusak?

Beberapa faktor yang dapat menimbulkan masalah kulit kepala dan rambut, di antaranya yaitu:

1. Andro Genetic Alopecia (AGA)

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Merupakan kondisi di mana jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari jumlah rambut yang tumbuh, sering juga disebut kebotakan. Penyebab AGA dapat diakibatkan karena genetik (riwayat keluarga). Jika keluarga memiliki riwayat kebotakan, maka keturunannya berisiko tinggi mengalaminya juga di usia dini.

​2. Faktor Hormon

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ketidakstabilan hormon seperti saat masa kehamilan, kelahiran dan masa menopause juga dapat memengaruhi permasalahan pada rambut yaitu rontok. Setidaknya, 40-50% ibu hamil mengalami kerontokan rambut meskipun hanya bersifat sementara. Sekitar 60% ibu setelah melahirkan juga akan mengalami kerontokan rambut beberapa bulan setelah persalinan.

​3. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan, seperti obat kanker, pil depresi, radang sendi, hipertensi, jantung, dan pil kontrasepsi serta vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti perubahan tekstur, warna rambut dan gangguan pada kulit kepala.

​4. Kekurangan Nutrisi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Faktor ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Kekurangan protein atau anemia defisiensi zat besi, bisa menjadi salah satu penyebabnya.

​5. Cuaca dan Sinar Matahari

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Cuaca yang terlalu panas dapat menyebabkan kerontokan. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga menyebabkan akar rambut lemah dan rambut menjadi kusam.

​6. Penggunaan Produk yang Salah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Perhatikan pemilihan produk untuk rambut karena kandungan pada produk perawatan rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut rusak.

Permasalahan-permasalahan pada rambut tesebut tidak dapat diatasi dengan cara yang instan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan perawatan rambut dengan produk yang tepat dan rutin melakukan perawatannya. Rangkaian perawatan rambut dari K-BeauCareline Hair Rejuve dapat menjadi solusinya. Rangkaian ini terdiri dari sampo, hair tonic, dan hair serum yang dapat membantu berbagai masalah kulit kepala dan rambut.

K-BeauCareline Hair Rejuve dengan kandungan utama Acetyl Tetrapeptide-3 dapat mem-booster akar rambut lebih kuat, menstimulasi folikel rambut dan menjaga metabolisme fibroblast pada dermal papilla. Selain itu, dapat merawat rambut yang rontok dan mendukung pertumbuhan rambut baru. Lalu, adanya ekstrak gingseng berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala dan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Kandungan multivitamin yang terdiri dari kombinasi vitamin A, E, B5, F, dan B7 pada rangkaian produk ini juga dapat mendukung kesehatan rambut, sehingga rambut terlihat lebih tebal, padat, penuh dan sehat.

Adapun prosedur pemakaiannya, pertama gunakan Hair Rejuve Shampoo, lalu gunakan Hair Rejuve Tonic setelah rambut dibilas, dan untuk sentuhan akhir, gunakan Hair Rejuve Serum untuk perawatan dan pertumbuhan rambut yang maksimal.

Yuk, atasi berbagai masalah kulit kepala dan rambutmu dengan menggunakan rangkaian K-BeauCareline Hair Rejuve setiap hari! (Venny/Isti/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi