5 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan Kulit Wajah

Di Indonesia, buah plum mungkin tidak begitu populer jika dibanding jenis buah yang lainnya. Buah Plum atau prem (Prunus domestica) banyak ditemukan di Amerika Serikat, Eropa dan Cina, namun paling banyak dibudidayakan di Eropa dan Cina.Buah Plum dari Eropa biasanya berwarna percampuran antara merah dan ungu, sementara buah Plum Cina mayoritas berwarna hitam.

Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti mineral, flavonoid, serat, vitamin A, C, E, K, B kompleks (B1, B2, B3, B-6), folat, antioksidan hingga fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan. Karena kandungan tersebut, buah plum banyak dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun tubuh, menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah radikal bebas.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah yang memiliki rasa asam manis ini bermanfaat untuk kecantikan wajah. Mau tahu apa saja manfaatnya, simak infonya di sini yuk!

1. Meringankan hiperpigmentasi

Meringankan-hiperpigmentasi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB) dan polusi dapat berdampak buruk pada kulit wajah. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan dan mempercepat produksi melamin, sehingga dapat terjadi hiperpigmentasi. Nah, kandungan antioksidan dan protein pada buah plum dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

​2. Membuat kulit lembut dan cerah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Dengan rutin mengonsumsi buah plum, maka dapat meningkatkan produksi sel-sel kulit baru, sehingga menjadikan kulit lembut dan cerah. Kandungan protein dan vitamin C pada buah ini juga dapat menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.

​3. Menyamarkan tanda-tanda penuaan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Buah plum kaya akan serat, vitamin C dan E. Kandungan ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit, menyamarkan kerutan dan garis-garis halus serta keriput pada wajah. Dengan samarnya tanda-tanda penuaan, maka wajah akan nampak lebih muda.

​4. Sebagai antioksidan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Buah plum juga menjadi antioksidan yang dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit. Membuat kulit menjadi segar, membantu mengurangi munculnya jerawat dan noda di wajah, serta bisa meningkatkan kelembapan kulit.

​5. Membantu menyamarkan bekas luka pada wajah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Buah plum mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan parut (bagian dari proses penyembuhan luka), sehingga meminimalkan bekas luka di wajah.

Karena memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, buah plum banyak digunakan pada produk skincare, salah satunya adalah Original Raw Black Jam. 

Pelembap dari Korea ini selain mengandung ekstrak buah plum, juga diperkaya dengan kandungan Super Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Yuk, rasakan sendiri manfaat buah plum untuk mendapatkan kulit sehat, cantik dan lembap dengan rutin menggunakan Original Raw Black Jam setiap hari! (Diah/Isti/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi