4 Tips Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Rusak

Tren mewarnai rambut saat ini semakin digandrungi. Tak sedikit dari mereka yang sengaja melakukannya hanya sekadar untuk mengikuti tren atau ada juga yang memang ingin mengubah penampilannya. Jika kamu termasuk seseorang yang sering berganti warna rambut, sebaiknya lakukanlah perawatan intensif, karena zat kimia yang terkandung dalam cat rambut dapat menimbulkan efek buruk untuk rambut.

Adapun efek buruk yang muncul ketika sering berganti warna rambut antara lain rambut menjadi rapuh, rusak dan bercabang. Untuk memulihkannya, ada beberapa tips perawatan rambut pasca pewarnaan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Keramas dengan Air Dingin

keramas-dengan-air-dingin

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mandi menggunakan air hangat memang baik untuk merelaksasi. Namun, untuk kamu yang memiliki rambut yang diwarnai, sebaiknya gunakan air dingin ketika keramas. Air dingin dapat membantu nutrisi dan vitamin yang ada di batang rambut dan kulit kepala dapat terserap dengan baik, juga tidak membuat warna rambut cepat pudar.

​2. Gunakan Sampo yang Tepat

keramas-menggunakan-shampo

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Setelah mewarnai rambut dengan bahan kimia, kondisi rambut tidak sepenuhnya bisa kembali sehat seperti sebelumnya. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kembali tampilan rambutmu. Sama halnya seperti kulit, kamu perlu menjaga rambut agar tetap terhidrasi dan melindunginya dari paparan sinar matahari serta polusi yang menjadi penyebab rambut semakin kering dan kusam.

Untuk merawat rambut yang sudah diwarnai, kamu bisa menggunakan K-Care Wonderland Shampoo.Dengan kandungan arginine, aloe vera, virgin coconut oil dan minyak zaitun yang kaya akan vitamin dapat memberikan nutrisi dan merawat rambut yang diwarnai, serta rambut rusak atau rapuh karena bahan-bahan kimia. Selain itu, kandungan pelembapnya dapat membantu melembutkan rambut.

​3. Perbanyak Minum Air Putih

MINUM AIR PUTIH

(Foto : https://www.freepik.com/)

Selain melakukan perawatan dari luar, agar rambut tetap sehat, kamu perlu memperbanyak minum air putih, karena akan membantu meningkatkan vitalitas alami kulit dan akar rambut. Akar rambut adalah salah satu sarana untuk rambut dapat menyerap air. Kurangnya kelembapan pada rambut tentu akan membuat rambut kering dan rapuh.

​4. Minimalkan Penggunaan Alat Penata Rambut

MINUM AIR PUTIH

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Bukan rahasia lagi bahwa penataan rambut panas dapat merusak rambut, terutama jika rambut diwarnai. Jika biasanya kamu menggunakan pengering rambut atau catokan, sebaiknya kurangi penggunaan tersebut, karena hal itu justru bisa membuat rambutmu menjadi rusak. Ada baiknya keringkan rambut secara alami dengan handuk atau dengan dianginkan.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat membantu memulihkan rambut yang rusak akibat pewarnaan rambut dengan bahan kimia. Yuk, rawat rambut yang sudah diwarnai dengan cara tepat agar tidak semakin rusak, jangan lupa gunakan K-Care Wonderland Shampoodalam perawatan rambutmu!  (Venny/Isti/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi